KANDUNGAN GIZI DAN VITAMIN DAN MINERAL PADA ALOE VERA LIDAH BUAYA

Tumbuhan liar yang ternyata mempunyai berbagai khasiat yang berguna untuk tubuh, tak lain adalah Lidah Buaya. Lidah Buaya sudah umum jika diproduksi untuk bahan baku di industri farmasi, kosmetik, makanan dan minuman sehat.
Aloe Vera juga bias dimanfaatkan begitu banyaknya karena mengandung bahan- bahan kimia yang bermanfaat bagio kesehatan tubuh, antara lain Aloidin, Barbaloi, Isobarbaloin, Aloe-emodin, Aloesin.
Sedangkan kandungan gizi Lidah Buaya antara lain Vitamin A, B1, B2, B3, B12, C, E, Choline, Inositol dan asam pospat. Melihat hasil penelitian yang mentyatakan bahwa Lidah Buaya mengandung zat-zat bermanfaat tersebut, tak menutup kemungkinan bahwa Lidah Buaya layak dikonsumsi oleh khalayak luas baik yang diproses secara modern maupun tradisional.
Pada daging daun Lidah Buaya terdapat cairan/ gel. Dimana cairan itu sendiri berfungsi untuk menyimpan persediaan air untuk fotosintesis apabila tidak mendapatkan air yng cukup. Sedangkan pada air dalam Lidah Buaya dapat ditemukan kandungan mineral antara lain: Kalsium(Ca), Magnesium(Mg), Potasium(K), Sodium(Na), Besi(Fe), Zinc(Zn), dan Kromium(Cr).
[P;Sedangkan daun Lidah Buaya layu dansegar berbeda kandungan. Daun Lidah Buaya segar mengandung beberapa enzim dan asam. Enzim yang dapat kita jumpai antara lain Enzim Amilase, Catalase, Cellulase, Carboxypeptidase,dll. Serta mangandung sejumlah Asam Amino, Arigin, Asparagin, Asam Aspartat, Alanin, Serin, Valin, Gutamat, Treonin, Glisin, Lisin, Prolin, Hisudin, Leusin, dan Isoleusin.
Komponen-komponen juga banyak terdapat pabda Lidah Buaya. Komponen paling banyak adalah air dan karbohidrat. Dimana kedua komponen itu berperan penting dalam pembentukan nutrisi tubuh. Tidak hanya komponen yang ada pada Lidah Buaya, di dalam Lidah Buaya juga terdapat Enzim, Asm Amino, Mineral, Vitamin, Polisakarida, dll yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

0 Comments:

 

Mhabibie's web | Mhabibie's BLog