PEMANFAATAN PUPUK ORGANIK DALAM MENGATASI KEKURANGAN PUPUK ANORGANIK

Dalam upaya meningkatkan kesuburan tanah dan mengatasi merosotnya mutu lahan sekaligus menutupi kekurangan terhadap pupuk an organik (pupuk pabrikan) pada lahan perkebunan dapat dipergunakan pupuk organik (kompos, pupuk kandang, pupuk hijau dan lan-lain). Pupuk organik dapat diperoleh dari usaha pertanian sendiri (jerami), dari usaha peternakan, limbah pabrik dan limbah kotor/rumah tangga. Penyediaan pupuk organik dapat dilakukan oleh masyarakat tani sendiri, dan ini akan menambah lapangan kerja baru disamping usaha taninya sendiri.
Pupuk organik mempunyai fungsi yang penting yaitu untuk menggemburkan lapisan tanah permukaan (tap soil) meningkatkan populasi jasad renik, mempertinggi daya serap dan daya simpan air, yang keseluruhannya dapat meningkatkan kesuburan tanah pula. Kadar mineralnya memang rendah dan masih memerlukan pelapukan terlebih dahulu sebelum dapat diserap oleh tanaman. Namun demikian menfaatnya cukup besar, sebagai contoh dapat dikemukakan sebagai berikut : 1 Hektar tanah pertanian diberi pupuk organik (kotoran ternak ayam) sebanyak 1.000 kg, berarti telah mengandung 40 kg N, 32 kg P2O5 dan 19 kg K2O. Kadar unsur hara sama dengan nilai : 2 Kw ZA, ± 2/2 Kw Tripelfoofat dan 1/3 Kw ZK. Dengan demikian maka dalam usaha mengadakan Zat Hara bagi tanah yang telah diberikan pupuk kandang seperti di atas, maka pemberian pupuk organiknya dapat dikurangi dengan perhitungan sejumlah tersebut bagi keperluan pemupukan 1 Hektar tanah.
Beberapa Pengertian Umum dari jenis Pupuk Organik :
a. Kompos adalah merupakan zat akhir suatu proses fermentasi tumpukan sampah/seresah tanaman dan adakalanya pula termasuk bangkai binatang
b. Pupuk hijau adalah tanaman atau bagian-bagian tanaman yang masih muda terutama yang termasuk famili Leguminosa, yang dibenamkan ke dalam tanah dengan maksud agar dapat meningkatkan tersedianya bahan-bahan organik dan unsure-unsur hara bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang diusahakan.
c. Pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari kotoran ternak.

0 Comments:

 

Mhabibie's web | Mhabibie's BLog